dapatkerja.com adalah web yang berisi informasi seputar dunia kerja dan update lowongan kerja terbaru dari berbagai daerah. about me

Main Menu

Mengenal apa itu CV ATS

Buat kalian para pencari kerja, terutama yang masih fresh graduate pasti belum banyak yang tau tentang apa itu cv ATS, oleh karena itu, dapatkerja.com akan memberikan penjelasan singkat yang mudah dipahami buat kalian agar lebih tau banyak hal tentang dunia kerja dan menambah wawasan kalian seputar dunia kerja. 

Mengenal apa itu CV ATS

Lalu, apa sih CV ATS itu ? CV ATS atau kependekan dari Applicant Tracking System adalah sistem perangkat lunak atau software yang digunakan oleh perusahaan untuk mengotomatisasi proses peninjauan dan penyaringan CV pelamar. Jadi perusahaan menggunakan teknologi software ATS ini untuk menyeleksi ribuan lamaran yang diterima.


Kenapa harus membuat CV ATS friendly? 

1. Agar terlihat lebih profesional 

2. CV ATS sekarang lebih banyak digunakan banyak perusahaan

3. Meningkatkan peluang mendapatkan panggilan interview


Bagaimana cara kerja CV ATS ?

Software ATS berfungsi dengan cara mengambil informasi dari CV atau resume yang kalian buat lalu menganalisisnya, dan memberikan peringkat berdasarkan kata kunci dan kriteria tertentu yang ditentukan oleh perusahaan. Sistem ini akan mencari kata kunci yang relevan dengan pekerjaan yang diinginkan oleh perusahaan. Jika CV Anda mencocokkan kata kunci tersebut, Anda akan memiliki peluang lebih besar untuk diteruskan ke tahap selanjutnya dalam proses rekrutmen.


Gimana caranya agar kita bisa membuat CV ATS yang optimal ?


Pemilihan Kata Kunci yang Tepat

Pastikan untuk menggunakan kata kunci yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Baca deskripsi pekerjaan dengan baik dan sesuaikan CV Anda dengan kata kunci yang digunakan dalam iklan pekerjaan.


Gunakan Format yang Sederhana

CV yang rapi dengan format yang sederhana lebih mudah dibaca oleh CV ATS. Hindari penggunaan grafik atau format yang rumit.


Sesuaikan panjang CV kamu

Terlalu panjang atau terlalu pendeknya CV Anda dapat memengaruhi bagaimana ATS menilainya. Cobalah untuk mempertahankan CV yang informatif dan relevan. Maksimal CV harus 2 halaman.


Gunakan font standar 

Menggunakan font standar karena lebih mudah terbaca oleh ATS. Font tersebut adalah Arial, Times New Roman, Calibri, Helvetica.


Menggunakan template standar 

Menggunakan template CV yang standar, tidak dihias terlalu ramai, tidak banyak warna dan variasi font. Biasanya CV ATS hanya menggunakan background polos/putih tanpa warna seperti CV pada umumnya. CV juga disimpan dalam format .doc, .docx, atau, pdf.


Buat kalian yang butuh CV ATS friendly, dapatkerja.com menyediakan link download template yang bisa kalian gunakan untuk membuat CV ATS friendly, berikut beberapa link download CV ATS friendly yang bisa kalian gunakan

Link download CV ATS friendly 1

Link download CV ATS friendly 2


Nah, itulah tentang apa itu CV ATS, cara kerja CV ATS , dan cara membuat CV ATS, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan bisa membantu kalian dalam membuat CV ATS untuk melamar pekerjaan impian kalian. Semoga bermanfaat.