dapatkerja.com adalah web yang berisi informasi seputar dunia kerja dan update lowongan kerja terbaru dari berbagai daerah. about me

Main Menu

Cara membuat CV yang menarik versi dapatkerja.com

Dalam era digital saat ini, memiliki CV yang menarik dan profesional sangatlah penting untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat CV yang menarik berdasarkan versi dari dapatkerja.com, sebuah situs yang menyediakan informasi seputar dunia kerja.

Cara membuat CV yang menarik versi dapatkerja.com

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk membuat CV yang menarik:


GUNAKAN FORMAT YANG JELAS

Format CV yang jelas adalah format dimana gaya dan urutan Informasi diri kamu yang akan dicantumkan si cv dibuat secara terstruktur, salah satu jenis format yang sering digunakan adalah format kombinasi , dan format kombinasi terdiri dari tiga poin. Yaitu pengalaman profesional, ketrampilan/keahlian, pengalaman kerja dimana. 


CANTUMKAN NAMA DAN INFORMASI KONTAK PADA CV

Yap, yang perlu diutamakan saat membuat CV yang menarik Dimata HRD yang utama adalah cantumkan nama dan alamat kontak kamu yang bisa dihubungi yang terletak dibagian atas yang biasanya dicetak tebal dan dengan ukuran yang lebih besar dari teks lainnya. Alamat kontak resume atau CV yang perlu kamu tampilkan yaitu alamat yang bisa dihubungi seperti alamat tempat tinggal, email, no telepon/WhatsApp, dan sosial media.


TAMBAHKAN RINGKASAN/DESKRIPSI TENTANG DIRI KAMU

Kemudian yang perlu diperhatikan untuk membuat CV kamu semakin menarik yaitu tambahkan pernyataan objektif atau deskripsi tentang dirikamu, deskripsi ini bertujuan untuk menjelaskan tujuan karir kamu, yang menggunakan bahasa aktif untuk menggambarkan pengalaman dan ketrampilan kerja kamu yang relevan/cocok dengan posisi yang kamu lamar.


BUAT LIST HARD SKILL DAN SOFT SKILL

Perlu diingat, untuk membuat CV kamu semakin menarik, hal lainnya yang perlu ditambah di cv kamu yaitu list soft skill dan hard skill yang kamu miliki, hard skill adalah kemampuan teknis atau keahlian yang kamu bisa, sedangkan kemampuan soft skill adalah kemampuan interpersonal seperti ramah, jujur, leadership, gampang bekerja sama dengan tim dll. 


JANGAN LUPA CANTUMKAN RIWAYAT PENDIDIKAN

Yang terakhir adalah mencantumkan riwayat pendidikan yang sudah kamu tempuh, pada bagian pendidikan yang perlu kamu masukan adalah 2 riwayat pendidikan terakhir kamu aja, misalnya kamu lulusan universitas, kamu cukup mencantumkan nama dan jurusan SMA kamu, kemudian nama kampus dan jurusan yang pernah kamu tempuh, tidak perlu menjelaskan dari Sd , SMP ya. Jangan lupa sertakan nilai akhir kamu juga, jika ada pengalaman organisasi, sertifikat kursus dll bisa kamu sertakan juga disini.


Nah, itulah cara membuat CV yang menarik versi dapatkerja.com yang bisa kamu terapkan untuk membuat CV kamu semakin menarik di mata HRD. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu kalian semua, terimakasih.