dapatkerja.com adalah web yang berisi informasi seputar dunia kerja dan update lowongan kerja terbaru dari berbagai daerah. about me

Main Menu

7 TIPS dan Trik wawancara kerja ampuh auto lanjut

7 TIPS dan Trik wawancara kerja ampuh auto lanjut


Bagi para pencari kerja tahap interview merupakan tahap yang sangat penting, dimana sering kali bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bingung apa yang mau disampaikan karena baru akan masuk dunia kerja.

 Hal ini berlaku juga bagi para profesional, para profesional muda belum terbiasa dalam mempromosikan dirinya di depan HRD terburu-buru dalam menyampaikan sesuatu dan gugup hingga membuat segala yang di sampaikan saat interview berantakan. Sebelum masuk tahap wawancara sangat penting bagi temen temen mempersiapan diri terlebih dahulu. yuk simak apanih yang harus di persiapkan:

A. Lakukan pendalaman tentang perusahaan

Kepoin dulu perusahaan yang mau temen temen lamar baik lewat google, youtube sosmed linkedin website perusahaan liatin visi misi, lokasi, moto, background, history paling gampangnya kayak mau ngepoin cewek pokoknya kwkwkwk.

B. Kenali Urian tugas

Hal ini sering dilalaikan para pencari kerja, baca terlebih dahulu urain tugas yang diberikan perusahaan serta cari di google 7-10 yang berkaitan dengan jabatan tersebut agar temen temen mudah menyajikannya saat wawancara dan paham betul apa yg sedang dicari HRD

C. Kenali diri sendiri

Jujur terhadap keadaan diri amatlah penting dilakukan. HRD mampu melihat ada kebohongan di wajah kita dan apa yang kita hafalkan. Kenali kelebihan serta kelemahan kita serta sampaikan pada saat memaparkan terkait kelemahan dengan cara kita mengatasinya secara bertahap

D. Berpenampilan rapi dan sopan

Pandangan pertama merupakan hal yang sangat dinilai oleh HRD. Dengan pakaian yg rapi HRD akan menilai bahwa pelamar memiliki kerapian dalam bekerja juga sangat berniat untuk bergabung dengan perusahaan.

E. DOA

Doa menjadi kunci utama sebelum menghadapi wawancara. Kunci disini adalah menerima apapun hasilnya nanti saat gagal tidak terlampau kecewa, begitu juga saat lolos tidak jumawa.

Nah, langkah selanjutnya udah masuk waku wawancara nih tanpa berbasa basi yuk intip tips dan trik saat wawancara kerja:

1.Senyum, Sapa, Salam, Tanya

  Awali wawancaramu dengan sesuatu yang baik pertama ketuk terlebih dahulu ruang HRD nya, bila tidak memiliki pintu melangkah lah dengan sopan sambil tersenyum ke arah HRD angap aja mau nemuin calon mertua kwkwkwkw. Nah yg ke lebih penting dari itu jangan lupa bersalaman ( kusus yg muhrim lo ya, yang nonmuhrim cukup simbolis aja) hal ini menunjukan etika dasar yang wajib dimiliki pekerja, HRD akan menilai plus bila pelamar memiliki etika yang baik. Tanyakan juga " apakah boleh saya duduk pak/bu?" Tunggulah sampai HRD mempersilahkan untuk duduk, Kualitas pertanyaan menunjukan jati diri dan etika pelamar.

2.Ceritakan diri anda

   Udah mulai ni pertanyaan umum yang sering dilontarkan pada pelamar. Saat ditanya tentang hal tersebut ada tips ampuh yang mimin rangkum dan sajikan untuk para pelamar.

 2.A Bagi fresh geaduate

" Selamat pagi/siang/sore perkenalkan nama saya ……… lulus dari (smk/universitas)....... Saya sangat tertarik dengan uraian tugas pada lamaran yang bapak ibu publikasikan contohnya terkait kepemipinan saya melatihnya dengan ikut …….. dan terkait problem solving saya memiliki pengalaman mengukuti lomba…….atau mata kuliah…….."

2.B Bagi profesional

Selamat pagi/siang/sore perkenalkan nama saya ……… lulus dari (smk/universitas)....... Setelah lulus saya bekerja di perusahaan A sebagai ….. bertanggung jawab……. Serta menangani………..sehingga relevan dengan job deskripsi yang bapak ibu cari… "

intinya fokus pada uraian tugas dari job deskripsi yang dipaparkan pada lowongan tersebut, serta jawab tiap uraian yang di tawarkan dengan kemampuan yang dimiliki baik softskill ataupun hardskill.

3.Apa yang menarik anda mendaftar di perusahaan kami ?

Pertanyaan diatas sangat sering ditanyakan oleh HRD, arah dari pertanyaan ini biasanya HRD ingin menguji apakah pelamar melakukan riset terlebih dahulu terhadap perusahaan, apakah pelamar mengetahui visi misi target kedepannya perusahaan, berlokasi dimana perusahaan tersebut.Nah mimin kasih tips cara menjawab yang baik mimin paparkan sebagai berikut:

" Saya tertarik dengan perusahaan ini karena nilai nilai dari perusahaan ini yaitu ……. Serta potensi pasar yang begitu luas dengan cabang yang tersebar di wilayah ……. Selain itu perusahaan juga memiliki kegiatan pembangunan skill karyawan yang rutin seperti……. "

4.Apa hal yang memotivasi anda dalam bekerja

Maksud dari pertanyaan ini adalah HRD akan menilai apa yang membuat kamu bisa menjadi tergerak mengerjakan tugas tampa merasa terbebani hal ini harus di jawab dengan jujur sehingga itulah yang akan menjadi patokan HRD hal apa yg bisa membuat karyawan tersebut bertahan dan nyaman.

" Tentu yang utama adalah bekerja juga termasuk dalam ibadah bila diniatkan karena allah swt. Selanjutnya adalah motivasi dari keluarga, keluarga merupakan motor ampuh pengerak dalam bekerja,Berikutnya ………"

5.Bagaimana anda merespon stress dan perubahan

"Tetap tenang dan selalu berkomunikasi, saya memiliki pengalaman ………dalam menangani pelanggan, dimana perubahan pada spesifikasi merupakan hal yang sangat sering terjadi. Komunikasi serta pengawasan terhadap stress dan perubahan menjadi kunci dalam mengatasi hal tersebut"

6. Apa yang menjadi tujuan anda dalam 5 tahun kedepan

"Saya akan melanjutkan belajar pemahaman terkait produk………..terlebih dahulu selama 1 tahun. Pada 2 - 3 tahun saya akan memperlihatkan pencapaian dan prestasi dept. ……Kepada atasan. 4-5 tahun sudah menjadi pimpinan dengan level lebih tinggi dari sebelumnya"

HRD hanya ingin melihat pola pikir teman teman dalam jangka waktu 5 th kedepan. Apakah memiliki visi, arah dan tujuan yang jelas atau masih dalam bentuk gagasan saja.

7. Apa kelebihan serta kelemahan saudara

Pertanyaan diatas sangat menjebak dari sisi HRD. Pelamar harus mampu mengenali dirinya sendiri,terkadang jawaban yang dibuat buat keren seperti disiplin, rajin, ulet,suka olah raga akan sangat terlihat oleh HRD karena penilaian juga akan dilihat dari hasil psikotesnya dan akan di komperasikan. Jadi Jujur terhadap diri merupakan kunci utama di pertanyaan ini mimin kasih triknya nih ya contoh menjawab yang baik adalah

" Terimakasih atas pertanyaan yang di ajukan,Kelebihan yaitu suka berfokus pada goal departemen yang ditargetkan perushaan sehingga mudah dalam menyusun strategi bagaimana taktik yang baik untuk melakukannya (bagi profesional)untuk bidang supervisor ataupun manajerial". Untuk fresh graduate jawablah dengan pengalaman organisasi yang pernah diikuti dan kaitkan dengan job diskripsi yang tertera pada lamaran. Terkait tentang kelemahan yang dimiliki pelamar harus menceritakan dengan jujur nah tapi dengan solusi mengatasinya,misalkan "kelemahan saya memang sering sekali segala sesuatu ingin selesai dengan cepat,akan tetapi karena terkendala baik waktu, biaya serta kebijakan saya membuat list seperti kanban untuk projek yang terkendala" hal lainnya jg mimin kasih contoh ni "kelemahan saya terkadang saya pelupa bila intruksi yang diberkian terlampau cepat, cara saya menanganinya adalah saya selalu membawa buku catatan sehingga mudah dalam merecall intruksi yang diberikan ''

Itu dia tadi 7 tips dan trik wawancara kerja semoga bisa membawa manfaat pada semua pelamar yang terpenting adalah usaha yang kita lakukan urusan hasil pasrahkan dengan allah swt , trik terakhir saat temen temen selesai wawancara lupakan semua interasi dengan user lanjut lah sambil cari lowongan lain jangan terngiang ngiang kata kata user, bila user nenyukai anda pasti yang dilakukan adalah cepat cepat memberikan offering letter dan penawaran kerja.